Kamis, 09 Maret 2017

Construct dan Destruct pada OOP

A. PENGERTIAN 

Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP

Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP Masih di tutorial OOP PHP. di tutorial ini kita akan membahas method yang tidak kalah pentingnya di <strong>Pemrograman Berorientasi Pada Object. yaitu method Construct(konstruktor) dan Destruct(destruktor). apa itu method konstruktor dan destruktor akan kita bahas di tutorial php ini. pengenalan dan cara penggunaan method construct dan destruct juga akan kita bahas.

Kita akan masuk ke penjelasan tentang contruct terlebih dulu. silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini tentang <strong>pengertian dan kegunaan method constructor.

B. LATAR BEALAKANG 

Dalam saya mengshare materi ini agar kita bisa faham dan mengerti tentang Construct dan Destruct pada OOP.

C. MAKSUD & TUJUAN

Agar apa yang dapat saya sampaikan dari apa yang saya pelajari ini , dapat di pelajari dan bermanfaat juga bagi orang lain.

D. PENJELASAN

Pengertian Method Construct(konstruktor)

Method Construct adalah method yang di jalankan pertama kali pada saat sebuah class di jalankan. jadi apabila kita menjalanka atau menginstansiasi sebuah class, maka jika terdapat method atau function construct di dalam nya maka yang pertama kali di jalankan adalah method construct ini. PHP OOP Pengenalan Construct Dan Destruct Pada OOP PHP
Cara penulisan method construct di awali dengan syntax function. lalu di di ikuti dengan __construct.(double underscore dan construct). contoh penulisannya.

<?php

class nama_class{

    function __construct(){
        //isi fungsi construct
    }

}
Pengertian Method Destruct(destruktor)

Jika construct adalah method yang pertama kali di jalankan pada saat sebuah class di akses, maka Destruct adalah method yang terakhir di jalankan setelah semua method di classnya selesai di jalankan. jadi method destruct adalah kebalikan dari <strong>method construct.
Cara penulisannya sama seperti penulisan method construct. di awali dengan syntax function. dan di awalnya menggunakan underscore ganda.(__). contohnya __destruct().

<?php 
class nama_class{

    function __destruct(){

       //isi method destruct

    }

}

E. KESIMPULAN

Pada construct dan Destruct merupakan metode yang hampir sama , sama sama di jalankan pada saat sebuah class di akses.

F. REFERENSI


EmoticonEmoticon