Selasa, 31 Januari 2017

PENGENALAN CRUD (CREATE, READ, UPDATE, DELETE)


A. PENGERTIAN

CRUD adalah singkatan dari Create Read Update Delete , yang sering digunakan pada aplikasi-aplikasi pengolahan data yang kebanyakan mengguanakan fungsi CRUD didalamnya . Fungsi ini digunakan untuk menambahkan data, menghapus data, serta mengupdate data.
 
B. LATAR BELAKANG

Belajar pengenalan CRUD ini di latar belakangi agar saya dapat mengerti dan faham cara kerja dari fungsi CRUD untuk pembuatan project yang akan mendatang.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Agar dapat faham dan mengerti alur dan cara kerja fungsi CRUD dasar dapat nantinya dapat diterapkan dalam pembuatan project dengan fungsi CRUD.

D. PENJELASAN

  • C (Create): yang berarti membuat sebuah data baru, contoh kita sedang melakukan registrasi disebuah web itu sudah merupakan Create dari CRUD karena kita membuat dan menyimpan data registrasi ke database.
  • R (Read): Membaca atau menampilkan suatu data yang tadinya berada didatabase MySQL misalnya, kemudian ditampilkan di WEB menggunakan bahasa pemrograman Php
  • U (Update): nah untuk yang satu ini prosesnya adalah mengedit sebuah data dari database yang kemudian di edit menggunakan bahasa pemrograman Php berupa WEB. Contoh edit profil facebook.
  • D (Delete): Pastinya Anda tahu fungsinya apa bukan? Fungsinya hampir sama dengan Update akan tetapi proses ini adalah untuk melakukan penghapusan data di database melalui bahasa Php. Contoh pada sebuah blog terkadang ada komentar, kemudian kita hapus komentar tersebut, nah itu sudah termasuk proses delete dalam CRUD.
 SINTAG DASAR CRUD :

1. CREATE 
INSERT INTO
2.  READ 
SELECT FROM
3. UPDATE 
UPDATE FROM namatabel WHERE ..
4. DELETE
DELETE FROM namatabel WHERE namadata.. 

E. KESIMPULAN

Kesimpulan dalam pembelajaran ini yaitu mengerti  fungsi CRUD ini adalah sangatlah penting, dikarenakan Fungsi CRUD (Create, Read, Update, Delete) merupakan dasar dari suatu aplikasi yang berbasis web ataupun suatu website.


4 komentar

bang webnya domain masak blogspot com lah

bang webnya domain masak blogspot com lah

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon