Selasa, 27 Desember 2016

CSS : Cara penulisan CSS


CSS ( Cascading Style Sheet ) Merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang memiliki fungsi dan tujuan untuk mengatur atau mendesign tiap-tiap komponen dari HTML seperti element dan tag. Dengan menggunakan CSS kita dapat mengatur ukuran, warna dan bentuk dari element HTML. Mengganti font, mengatur margin dan mengatur padding dan banyak lagi yang dapat dilakukan menggunakan CSS untuk mempercantik atau men-design halaman website.

CSS Menggunakan seletor(id dan class) untuk menentukan element yang akan di modifikasi atau yang akan diberi sentuhan CSS. Jika di ibaratkan HTML sebagai tiang pada sebuah bangunan rumah, maka CSS berfungsi sebagai cet dan dekorasi pada bangunan rumah tersebut. Ada tiga teknik metode penulisan CSS, yaitu :

  • Inline CSS Style
  • Internal CSS Style
  • External CSS Style
Ketiga teknik metode cara penulisan CSS tersebut akan kita bahas pada tutorial Belajar CSS Dasar Cara Penulisan Pada CSS

TEKNIK PENULISAN CSS INLINE STYLE
Teknik penulisan CSS pertama yaitu dengan menulis syntax CSS dengan inline Style adalah teknik penulisan Syntax CSS yang tidak memerlukan sector (id dan class) sehingga syntax CSS diletakkan atau langsung disisipkan pada element HTML. Suntax CSS diletakkan di dalam atribute style="".

CONTOH PENULISAN INLINE STYLE
Untuk membuat contoh penulisan CSS dengan inline caranya sediakan sebuah file html atau php. Disi saya membuat file html dan memberi nama dengan belajar.html
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Penulisan CSS dengan Inline Style</title>
</head>
<body>
<h1 style="color: red">Belajar CSS Dasar Penggunaan inline </h1>
</body>
</html>
Perhatikan contoh penulisan CSS Inline style diatas. Syntax CSS diletakkan
dalam element h1 menggunakan atribut style=" ". Perintah color adalah perintah CSS yang berfungsi untuk mengatur warna font. Jadi pada contoh inline css style ini kita membuat heading h1 dengan warna font yang kita atur menjadi red ( merah ). Dan saat dijalankan di web browser seperti berikut.

Hasil script saat di run

TEKNIK PENULISAN CSS INTERNAL STYLE
Teknik Penulisan Syntax CSS Dengan Internal Style adalah teknik penulisan syntax css yang diletakkan satu file dengan file html atau php. Syntax CSS diletakkan di dalam tag <style> dan diakhiri dengan </style>. Dan biasanya diletakkan pada bagian tag <head> pada HTML.

CONTOH PENULISAN INTERNAL STYLE
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Penulisan CSS dengan Internal Style</title>
    <style type="text/css">
        #text{
            color: white;
            text-shadow: black ;
        }
        .background{
            background: green;
            padding: 10px;
        }
    </style>
</head>
<body>
<div class="background">
<center>
<h1 id="text">Belajar CSS Dasar Internal </h1>
</center>
</div>
</body>
</html>
Perhatikan contoh penulisan CSS Inertnal Style diatas. Syntax CSS diletakkan satu file dengan file html. Syntax CSS diletakkan dalam tag <style> dan di bagian tag <head>. Syntax CSS Padding berfungsi sebagai pengatur jarak pada sisi dalam element. Pada contoh diatas kita memberi jarak sebesar 10px atau 1- pixel. CSS memanggil selector class dengan tanda titik " . " dan memanggil selector id dengan tanda pagar "#" .

<style type="text/css">
        #text{
            color: white;
            text-shadow: black ;
        }
        .background{
            background: green;
            padding: 10px;
        }
    </style>

Hasil script saat di run


TEKNIK PENULISAN EXTERNAL STYLE
Teknik Penulisan Syntax CSS Dengan External Style adalah teknik penulisan yang memisahkan file CSS dan HTML. penggunaan CSS yang baik adalah menggunakan teknik penulisan ini agar kode program kita tidak berantakan karena syntax css disimpan pada file css. File CSS dan HTML dihubungkan menggunakan.
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="file css anda">
CONTOH PENULISAN EXTERNAL STYLE
Untuk membuat External Style siapkan satu buah file HTML dan satu buah file CSS. Disini saya membuat sebuah file dengan nama index.html dan style.css

index.html
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Penulisan CSS dengan External Style</title>
    <link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
<div class="background">
<h1 id="text">Belajar CSS Dasar dengan External Style </h1>
</div>
</body>
</html>

Style.css
#text{
    color: red;
}
.background{
    background: green;
    padding: 10px;
}
Jika kita run file index.html maka akan tampil di browser seperti di bawah ini :

Hasil run

Dari contoh di atas kita dapat memahami penggunaan CSS secara dasar dan mengerti cara penerapan dan pemanggilan file CSS.

REFERENSI : www.malasgoding.com


EmoticonEmoticon