Selasa, 27 Desember 2016

CSS : Pengertian dan Pengenalan CSS


PENGERTIAN DAN PENGENALAN CSS
CSS Merupakan singkatan dari " Cascading Style Sheets " sesuai dengan namanya CSS memiliki sifat " style sheet lenguage " yang berarti bahasa pemrograman yang digunakan untuk web design. CSS adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk men-design sebuah halaman sebuah website. Dalam mendesign halaman website CSS menggunakan penanda yang kita kenal dengan id dan class. Seperti yang sudah kita pelajari tentang pengenalan id dan class pada tutorial edisi belajar HTML dasar

LATAR BELAKANG

Seiring berkembamangnya dunia pemrograman dan teknologi, CSS tidak cuma digunakan di HTML dan XHTML saja. Tapi sudah bisa digunakan untuk mendesign tampilan aplikasi android. CSS diakses menggunakan id atau class. Untuk contoh penulisanya perhatikan contoh berikut, dan lebih jelasnya akan saya jelaskan pada tutor berikutnya.

MAKSUD DAN TUJUAN

CSS dapat dikatakan dokumen yang berisi style untuk mengatur tampilan suatu halaman website agar lebih menarik dan interaktif dengan tujuan menarik minat pengunjung. Para desainer web menggunakan css untuk merapikan tampilan website agar lebih menarik dan interaktif, dengan mengubah elemen tag html seperti huruf, teks, background dan gambar.

ALAT DAN BAHAN

  • PC / Laptop
  • Web Browser
  • Text Editor ( Sublime, Text Editor++ Dll )
FUNGSI DAN KEGUNAAN CSS
CSS dapat merubah font, ukuran font, warna dan format font. Mengatur ukuran layout, lebar tinggi dan warna element, mengubah tampilan form, membuat halaman website yang responsive dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh CSS yang tidak akan habisnya saya tulis di Tutorial Belajar CSS ini.

Untuk men-desain font dapat dilakukan dengan mendefinisikan font, untuk mengatur warna bisa menggunakan color, margins digunakan untuk mengatur jarak pada luar element tertentu. Mengatur warna atau gambar latar belakang bisa menggunakan Background. Mengatur ukuran font gunakan font size, jenis font menggunakan font-family dan masih banyak lagi.

CARA PENGGUNAAN CSS
File css disimpan dengan ekstensi .css kemudian di import atau dihubungkan kedalam file HTML atau PHP yang ingin kita design dengan CSS menggunakan syntax berikut ini.
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css />
Jika file CSS terletak dalam sebuah folder. Katakan saja foldernya adalah " asset " . Maka untuk menghubungkanya menggunakan seperti berikut.
href="asset/style.css"
KESIMPULAN
CSS adalah bahasa permograman yang digunakan untuk mempercantik tampilan atau layout suatu website.

Sekian Tutorial Dasar tentang Mengenal dan Pengertian CSS. Untuk lebih lengkapnya akan dijelaskan pada Tutorial Belajar CSS Dasar pada postingan selanjutnya, Jika ada yang ditanyakan silahkan berikan komentar, Sekian dan Terima kasih.

REFERENSI : www.malasngoding.com


EmoticonEmoticon