Rabu, 01 Februari 2017

MEMBUAT CRUD SEDERHANA


A. PENGERTIAN

CRUD adalah singkatan dari Create Read Update Delete , yang sering digunakan pada aplikasi-aplikasi pengolahan data yang kebanyakan mengguanakan fungsi CRUD didalamnya . Fungsi ini digunakan untuk menambahkan data, menghapus data, serta mengupdate data.

B. LATAR BELAKANG

Dibuatya CRUD sederhana ini adalah agar saya dapat mengimplementasikan apa yang saya pelajari dari post yang sebelumnya yaitu pengenaln CRUD dan agar saya lebih faham tentang cara kerja aplikasi CRUD.

C. MAKSUD & TUJUAN

Agar lebih menguasai tentang pembuatan dan cara kerja aplikasi yang berbasis CRUD dan menerapkan yang telah saya pelajari sebelumnya dalam benuk aplikasi berbasis WEB.

D. ALAT & BAHAN
  •  PC / Laptop
  •  Sudah terinstall Lamp Server
  •  Web browser
E. LANGKAH KERJA

1. Dalam pembuatan crud sederhana, yang pertama harus kita buat dan iusiapkan dalah penampung dari data yang akan di olah , yaitu database. kawan kawan dapat membuat database dari phpmyadmin.


2. Setelah selesai membuat database , adalah membuat koneksi untuk penghubung aplikasi CRUD nya , contoh dari koneksi database adalah seperti di bawah ini :


Dalam pembuatan koneksi dapat 4 komponen yang penting , yaitu nama domain , nama user dari phpmyadmin , password dari phpmyadmin , lalu nama dari database.

3.  Setelah selesai membuat koneksi selanjutnya isi data dalam db lwat phpmyadmin ,kemudian buat file php untuk menampilkan datanya. contohnya dapat di lihat pada gambar di bawah ini :


4. Kemudian untuk menambah data lwat aplikasi buat file form tambah php yang akan megarahkan ke proses_tambah yang akan memasukkan data tanpa lwat phpmyadmin. 

 

Di bawah ini adalah file proses_tambah yang di dalamnya terjadi sql tambah data yang akan masuk ke database.


5. Kemudian buat file untuk bisa menghapus data dari databasae langsung lwat aplikasinya, buat proses hapus seperti gambar / contoh di  bawah ini :



6.  Lalu buat proses untuk edit data dari database melalui aplikasi CRUD nya, di bawah ini adalah contoh file edit / updatenya.


7. Kemudian beri link pada index untuk file update.php dan file hapus.php


8. Di bawah ini adalah tampilan untuk memasukkan atau menambah data siswa.


9. Di bawah ini adalah tampilan edit data siswa.


9. Di bawah ini adalah tampilan index.php



F. KESIMPULAN

Aplikasi CRUD ini adalah yang paling dasar dan yang paling simpel tetapi ini adalah dasar dalam pembuatan seluruh aplikasi yang berbasis WEB .


EmoticonEmoticon