Senin, 30 Januari 2017

MEMBUAT KALKULATOR SEDERHANA DENGAN PHP



Assallamuallaikum Wr Wb ,.
Halo kawan , pada kesempatan kali ini saya kan sedikit berbagi tutorial / pengetahuan tentang project yang saya buat, yaitu project kalkulator dengan php aritmatika.

PENGERTIAN

adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu.

MAKSUD & TUJUAN 

Dibuatnya project ini agar kita dapat lebih memahami tentang penggunaan operator atimatika dalam php. Dan juga mempermudah proses perhitungan dengan kalkulator berbasis php ini.

ALAT & BAHAN
  • Laptop / PC
  • Text Eitor 
  • Browser
  • Web Server (sudah terinstall)

LANGKAH PENGERJAAN :

1. Dalam pembuatan kalkulator dengan php in terdapat banyak metode seperti POST , Switch cae, Form, dan penggunaan Operator Aritmatika.

2. Buka text editor kawan kawan dan buat form untuk tampilan kalkulator dan beri atribute seperti  gambar di bawah ini.


Saya menggunakan method POST untuk penanganan data yang di input, pada bilangan satu saya memberikan nama "pertama" dan bilangan kedua "kedua". Dan bagian operatornya saya memberikan nama operasi yang masing - masing valuenya bisa anda perhatikan sendiri ( cek option value=" " ) . form action saya kosongkan karena action form akan diproses dalam file kalkulator.php bukan ke file yang lain kemudian perhatikan pada bagian penangkapan data dari form.

3. Lalu buat proses perhitungan dengan sintag seperti di bawah ini menggunakan metode Switch case .

function isset() berfungsi untuk memeriksa ketersediaan data. Jadi disini saya membuat pengecekan untuk data submit dar formm. Berarti jika form di Submit maka data yang diinputkan dari form saya simpan pada masing - masing variabel. Selanjutnya saya menggunakan fungsi switch case pada php untuk mengecek operasi yang di pilih sebelum form disubmit

Pengecekan dengan switch case ini berfungsi untuk memeriksa opsi apa yang dipilih pengguna untuk menghitung bilangan, Jadi jika pengguna memlih tambah berarti bilangan " pertama " ditambah " kedua " ( $hasil = $pertama + $kedua ) begitujuga dengan opsi kurang, kali, dan bagi Sampai di sini kita sudah memiliki hasil dari operasi aritmatikanya. Kemudian yang harus kita lakukan adalah menampilkan hasil operasinya.

4. Setelah itu buat proses yang digunakan untuk menampilkan hasil dari perhitungan dari data yang telah di masukkan dan di proses. Lihat contoh di bawah ini :


5. Agar tampilan project kalkulator kita terlihat lebih menarik maka tambahkan file css.



6. Lalu simpan file di directory var/www/html dan beri hak akses dengan cara chown/ chmod

7. Di bawah ini adalah conoh tampilan project kalkulator yang berhasil di run melalui web server . Masukkan angka dan pilih operasi aritmatika.


8. Di bawah ini adalah tampilan saat sudah proses hitung.


KESIMPULAN

Dalam pembuatan project ini dapat di tarik kesimpulan bahwa penggunaan operator aritmatika sangatlah penting dalam pembuatan project kalkulator. Dan juga menggunakan metode POST untuk menampung nilai.


EmoticonEmoticon