Rabu, 08 Maret 2017

Class, Object , Property dan Method pada OOP


A. PENGERTIAN 

Pengertian Class, Object, Property dan Method. Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dan pengenalan OOP Pada PHP. maka di tutorial kali ini kita akan membahas tentang pengertian class, object, property dan method pada oop php. masing-masing yang saya sebutkan barusan adalah unsur dasar dari penulisan program menggunakan metode OOP. di tutorial ini akan di jelaskan tentang penggunaan class, object, property dan method pada OOP PHP. silahkan teman-teman simak penjelasan berikut ini.

Class, object, property dan method adalah pondasi dasar dari membangun aplikasi menggunakan struktur OOP. jika di ibaratkan membangun sebuah rumah, maka , object, property dan method adalah pilar-pilar dan bahan penyokong nya. selain penjelasannya, akan di sertakan juga contoh dan cara penulisan nya.

Jika kita ibaratkan pada kehidupan nyata dari pengertian class, object, property dan method. ibaratnya class nya mobil. maka property nya adalah warna warna mobil, bentuk mobil, merek mobil dan lain-lain. dan method atau aksi yang bisa di lakukan oleh mobil adalah maju, berhenti, belok dan lain-lain.

B. LATAR BELAKANG

Saya membuat postingan ini agar kita sama sama belajar tentang dasar dasar dari oop. Karna banyak yang bisa oop tetapi mereka untuk menjelaskan dasar dasarnya tidak bisa.

C. MAKSUD & TUJUAN

Banyak yang mengaku bisa oop bisa oop , tapi dasarnya tidak tahu , mari kita sama sama pahami terlebih dahulu dasarnya.

D. PENJELASAN

Pengertian Class Dalam Pemrograman Berorientasi Objek

Class di dalam OOP di gunakan untuk membuat sebuah kerangka kerja. bisa di katakan sebagai library. class berisi property dan method. jadi ibaratnya class adalah sebuah wadah yang menyimpan property dan method. dan object yang di hasilkan biasanya berdasarkan isi dari class. Di bawah ini adalah contoh dari penulisan class:
<?php
class nama_class{
     //isi dari class ini
}
?>
Pengertian dan cara penulisan Property di dalam OOP PHP

Property adalah data-data yang terdapat di dalam class. data nya biasanya berupa sifat. contoh nya seperti yang saya jelaskan pengertian class, object, property dan method di atas. yaitu penjelasan sifat dari class. contoh property pada class mobil adalah warna, ukuran, merek dan lain-lain. contoh property pada class manusia adalah warna kulit, warna rambut, nama, dan lain-lain.
Kegunaan property pada sebuah class sama dengan kegunaan variabel di php. bisa di gunakan untuk meyimpan data dan lain-lain. cara penulisan property pada class adalah dengan di awali syntax var.cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.
Berikut ini adalah contoh penulisan property di dalam class :

<?php

//Cara penulisan class dan property OOP PHP
class mobil{

    var $warna;
    var $merek;
    var $ukuran;

}

?>
Pengertian Method dalam pemrograman OOP PHP

Method adalah sebuah aksi yang terdapat di dalam class. seperti yang sudah di jelaskan. misalnya method pada class mobil adalah contoh nya maju, berhenti, belok dan lain-lain.
Penulisan method pada class oop adalah dengan menuliskan syntax function di awalnya. lalu di ikuti dengan nama method tersebut. kita dapat memberikan nilai pada parameter method oop dan dapat juga mengembalikan nilai nya.
Berikut ini adalah contoh penulisan method pada oop php.

<?php

//Cara penulisan class dan property OOP PHP 
class mobil{
    // property oop
    var $warna;
    var $merek;
    var $ukuran;

   //method oop
   function maju(){
       //isi method
   }

   function berhenti(){
       //isi mehod
   }

}

?>
Pengertian dan Contoh object pada oop php.

Object adalah output dari class dan object dapat menampilkan atau mengelola isi class. seluruh isi class akan kita instansiasikan.  Contoh penulisan object pada oop adalah di bawah ini :
<?php 
//Cara penulisan class dan property OOP PHP 
class mobil{ 
 //isi class
}

$mobil = new mobil(); 
?>

F. KESIMPULAN

Class , Object , Property dan Method adalah dasar dari metode oop dan merupkan kunci dari oop sebelum kita paham tentang 4 metode ini kitak tidak akan bisa membuat program dengan oop.



EmoticonEmoticon