Jumat, 10 Maret 2017

Pewarisan Inheritance pada OOP PHP


A. PENGERTIAN

Inheritance atau pewarisan sifat merupakan class turunan dari class yang lainnya. inheritance di buat dengan membuat class baru dengan tujuan di hubungkan dengan class yang lain yang di inginkan. dengan tujuan untuk mendapatkan informasi atau data dari class yang di hubungkan tersebut. class yang baru ini di sebut juga dengan <strong>sub class</strong> atau child class. jadi subclass dan childclass adalah class turunan. dan class utama atau class yang di hubungkan di sebut juga parent class. 

B. LATAR BELAKANG

Dalam saya melakukan posingan ini adalah agar kita lebih mengerti tentang fungsi dan kegunaan inheritance pada oop pdo.

C. MAKSUD & TUJUAN

Memberi wawasan kepada orang lain , tentang apa itu inhertitance dan bagaimana kegunaan dari inheritance.

D. PENJELASAN

Pengertian Inheritance atau pewarisan sifat

Contoh sederhana nya misalnya kita memiliki 2 buah class. kita beri nama dengan class a dan class b. misalnya pada class a ini terdapat property atau method. dan dengan inheritance atau class turunan, kita dapat mengakses method atau property dari class a langsung dari class b. PHP OOP Pewarisan Sifat (Inheritance) Pada OOP PHP.

Cara Membuat Class Turunan (Inheritance)


Untuk membuat class turunan, kita bisa menggunakan syntax pada class. perhatikan contoh berikut ini untuk membuat pewarisan sifat pada class(inheritance)

langsung saja untuk membuat class turuan atau pewarisan sifat(inheritance). buat langsung sebuah file php dengan nama nya terserah teman-teman. di sini saya membuat dengan nama inheritance.php. letakkan di localhost ya tentunya.PHP OOP Pewarisan Sifat (Inheritance) Pada OOP PHP.
inheritance.php
<?php 
// class parent
class manusia{

    // property class manusia
    public $nama_saya;    

     // method pada class manusia
    function berinama($saya){
        $this->nama_saya=$saya;
    }
    
}

// class turunan atau sub class dari class manusia
// kita menghubungkan class dengan syntax extends
class teman extends manusia{

    // property class teman
    public $nama_teman;

     // method pada class teman
    function berinamateman($teman){
        $this->nama_teman=$teman;
    }
}

// instansiasi class teman
$shodiq = new teman;
$shodiq->berinama(" SHODIQ ");
$shodiq->berinamateman(" Diki ");

// menampilkan isi property
echo "Nama Saya :" . $sohdiq->nama_saya . "<br/>";
echo "Nama Teman Saya : " . $shodiq->nama_teman;

?>
Pada script di atas terdapat class manusia dan di bawahnya terdapat class teman yang meng-extends dari class manusia , dan akhirnya class teman dapat mengambil method / fungsi yang berada pada class manusia

E. KESIMPULAN

Inheritance dalam dunia nyata adalah seperti anak memiliki sifat ataupun wajah yang sama dengan orang tuanya. Untuk konsep inheritance adalah seperti itu.

F. REFERENSI


EmoticonEmoticon