Senin, 06 Maret 2017

Menambahkan google search engine di Linux







A. PENGERTIAN

Mesin pencari web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. 


B. LATAR BELAKANG

Karena banyak orang yang menanyakan "bagaimana cara menambah google search engine di linux mint ?"  dan orang orang banyak yang ketergantungan menggunakan google untuk pencarian mereka dari pada menggunakan search engine yang lainya , atau bawaan , yaitu yahoo.

C. MAKSUD & TUJUAN

Agar pada Linux kita tersetting default dari search enginenya adalah google dan agar dapat melakukan pencarian dengan google search engine. 

D. ALAT & BAHAN

  • OS Linux
  • Browser Mozila
  • Koneksi Internet 


E. LANGKAH PENGERJAAN

1. Buka browser Mozila kawan kawan
2. Lalu kunjungi link di bawah ini.
https://www.linuxmint.com/searchengines.php . 
3. Kemudian scroll ke bawah dan cari pada "COMMERCIAL ENGINE" dan pilih logo google.


4. Setelah memilih search engine google , lalu pada form pencari pilih "Add Google" , agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini:


5. Setelah itu pergi ke preferences pada mozila , dan pilih pada menu search dan ganti Default Search Engine dari Yahoo menjadi Google


 6. Seperti gambar di bawah ini:

7. Selesai , coba lakukan pencarian dan lihat apa yang terjadi :)

F. KESIMPULAN

Search engine google merupakan mesin pencarian yang sudah membuat orang ketergantungan dan akhirnya terus menggunakan search engine tersebut , dan search engine google juga ternasuk search engin terbesar dan terlengkap.

G. REFERENSI 
  • https://www.linuxmint.com
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari


EmoticonEmoticon