Kamis, 16 Maret 2017

How to fix error 404 not Found in Framworks CodeIgniter



A. PENGERTIAN

CodeIgniter merupakan aplikasi sumber terbuka yang berupa framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. 

B. LATAR BELAKANG

Awalnya ketika saya mau mencoba membuat file di controller Framework CI di versi 3.1.3. Ketika saya jalankan dengan browser muncul error 404 Not Found. Saya coba searching di Google, dan saya menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

C. MAKSUD & TUJUAN

Untuk menyelesaikan permasalahan 404 Not Found CI dan berbagi pengalaman yang atelah saya alami

D. ALAT & BAHAN
  • Laptop
  • Referensi
  • Framworks CI

E. LANGKAH PENYELESAIAN

Kenapa Not Found?
Mudah saja karena masalahnya terletak di penamaan class controller. Kita tahu bahwa pada CodeIgniter versi sebelumnya ketika kita membuat class sebuah controller , nama awal file (contoh: belajar.php) berhuruf kecil, dan nama class-nya harus berawalan huruf besar (contoh: class Belajar extends CI_Controller {...}).

Karena kita sudah terbiasa dengan versi sebelumnya bahwa menamai file class controller nya memakai huruf kecil di awal dan nama class-nya memakai huruf besar diawal. Bedanya versi CodeIgniter yang terbaru ini adalah pattern penamaan file class controller -nya harus besar diawal dan nama class nya juga besar atau juga bisa kecil . Dan pemanggilan class mungkin di routes.php dengan huruf kecil semua (contoh: $route['default_controller']='belajar';).

Jadi kenapa? Ya karen CI ini tidak bisa memanggil class tersebut karena nama huruf file class controller awal-nya kecil atau bisa di bilang class yang dipanggil tidak ada. Jadi CI ini menemukan class yang dipanggil dan akhirnya tidak terindex oleh terindex makanya jadi Not FOund.


Gimana Solusinya?
Sesuai yang diatas, rubah semua file class nama controller -nya menjadi besar diawal.
 
F. KESIMPULAN

Jadi mungkin karna berbeda versi Penggunaan huruf kapital menjadi berpengaruh pada CI.
  
G. REFERENSI

1 komentar

Udh besar semua tp masih 404 Not Found T_T


EmoticonEmoticon