Selasa, 28 Februari 2017

Menambahkan Quiz Pilihan Ganda pada Moodle 3.2 di Localhost

A. PENGERTIAN

Soal pilihan ganda adalah sebuah soal yang jawabanya sudah di sediakan dalam bentuk pilihan. Seperti a,b,c,d,e yang di buat dalam bentuk E-Learning moodle.

B. LATAR BELAKANG


Karena moodle merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekaniseme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, jadi dalam moodle saya membuat soal untuk mengukur hasil keberhasilan belajar siswa.

C. MAKSUD & TUJUAN

Agar siswa tidak perlu lagi menjawab soal dengan cara manual yang membutuhkan waktu yang lebih lama, dengan moodle ini pertanyaan telah disediakan dan siswa dapat mengaksesnya menggunakan HP atau Laptop.

D. ALAT & BAHAN
  • Laptop
  • Sudah menginstall moodle di localhost

E. LANGKAH PENGERJAAN

1. Langkah pertama , buka moodle kawan kawan dan masuk sebagai admin di moodle kawan kawan.

2. Kemudian klik site home


3. Kemudian pada menu administration klik turn editing on


4. Untuk membuat pertanyaan klik question bank > question


5. Selanjutnya klik create a new question, untuk membuat pertanyaan baru


6. Kemudian anda bisa memilih jenis pertanyaan yang anda inginkan, karena disini saya akan membuat multiple choice (pilihan ganda) jadi saya memilih yang multiple choice, lalu klik add.



7. Pada menu general, biarkan saja kolom categorynya default, kemudian isi question name dengan nama pertanyaan yang akan anda buat, pada kolom question text isi dengan text pertanyaan yang anda buat.


8. Langkah selanjutnya scroll ke bawah pada kolom number the choice? ubah menjadi huruf besar semua.


9. Kemudian isikan jawaban pada kolom choice, dan berikan nilai 100% pada kolom grade jika jawaban yang anda isikan pada kolom choice benar, dan berikan keterangan pada kolom feedback. Seperti contohnya gambar dibawah ini.



10. Untuk kolom-kolom selanjutnya lakukan hal yang sama, jika jawaban yang anda isikan salah biarkan kolom gradenya none. isikan semua kolom-kolom yang tersedia tetapi hanya dengan satu jawaban yang benar.

11. Selanjutnya klik save change pada bagian bawah.


12. Pertanyaan yang anda buat sudah jadi, berikut tampilannya. Untuk mencobanya silahkan klik pertanyaan yang baru saja anda buat tadi, klik tanda kaca pembesar seperti pada gambar.


13. Akan tampil seperti berikut, silahkan jawab lalu untuk mengetahui jawaban anda benar atau salah silahkan klik submit and finish




14. Dan berikut tampilan jika jawaban anda salah.



F. KESIMPULAN

Hasilnya pertanyaan yang saya buat telah berhasil, kesimpulannya untuk membuat pertanyaan pada moodle ini kita harus tahu maksudnya dan memahami, sehingga nantinya kita tidak akan bingung sendiri.

G. REFERENSI


EmoticonEmoticon