Sabtu, 25 Februari 2017

MENAMBAH USER DENGAN SELF REGRISTRATION


A. PENGERTIAN

Self Registration adalah tempat untuk mendaftarkan diri sebagai user pada moodle, untuk membuat tempat pendaftaran tersebut kita perlu mengetahui caranya, ini merupakan tugas dari admin.

B. LATAR BELAKANG

Latar belakang saya membuat self registration pada moodle adalah selain lebih mudah juga lebih efisien dan akurat karena calon user akan mengisi informasi mengenai dirinya sendiri, jadi kemungkinan kesalahannya lebih kecil.

C. MAKSUD & TUJUAN

Agar kita tidak perlu kesulitan mendaftarkan user satu per satu pada moodle, selain menghemat waktu hal ini juga sangat efektif.

D. ALAT & BAHAN
  • Laptop
  • Localhost yang sudah di install Moodle 3.2
E. LANGKAH PENGERJAAN

1. Login ke moodle anda sebagai admin

2. Kemudian klik site administrator > plugins > authentication > manage authentication



3. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, pada kolom Email-based self-registration klik tanda mata yang tergaris miring untuk meng enablekannya, jika sudah tidak ada garis miring pada tanda mata tersebut berarti sudah enable.


4. Kemudian scroll ke bawah, Kemudian pada Self registration dibagian bawah, rubah menjadi Email-based self-registration. Lalu save settingan yang baru saja anda lakukan.





5. Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.





F. KESIMPULAN

Hasilnya self registration berhasil di buat dan dapat mempermudah pekerjaan admin pada moodle. Kesimpulannya dalam membuat self registration sebenarnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

G. REFERENSI


EmoticonEmoticon