Jumat, 30 Desember 2016

Cara menginstall W3Schools secara offline


Assallamuallaikum Wr. Wb
Haloo kawan semua , di sini saya akan sedikit berbagi tips bagaimana cara membuat w3shool secara offline, yaitu dengan cara menaruh w3shool di localhost di PC/Komputer kita.

PENGERTIAN 
W3Schools adalah situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery. Situs ini mendapatkan namanya dari singkatan untuk World Wide Web, W3 adalah numeronym dari www.w3schools tidak berafiliasi dengan W3C. Hal ini dibuat dan dimiliki oleh Refsnes data, pengembangan perangkat lunak milik keluarga Norwegia dan perusahaan konsultan. Situs ini menyediakan panduan referensi yang mencakup banyak aspek pemrograman web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML, CSS, XML, JavaScript, PHP, ASP, SQL dll. W3Schools menyediakan ribuan contoh kode. Dengan menggunakan editor online yang disediakan, pembaca dapat mengedit contoh dan mengeksekusi kode eksperimental.

LATAR BELAKANG 
Saat ini jika kita ingin belajar pemrograman melalui w3shool kita harus terhubug ke jaringan secara online. Tetapi dengan tutor ini kisa bisa belajar pada w3shools secara offline tanpa koneksi jaringan.

MAKSUD & TUJUAN
Agar kita dapat belajar pemrograman dengan mudah dan tanpa koneksi internet. jadi kapan saja kita ingin belajar pemrograman melalui w3shools  bisa dilakukan tanpa koneksi jaringan.

ALAT & BAHAN
  1. PC / Laptop
  2. File W3Shools dapat download disini
  3. Sudah terinstall Lamp server
LANGKAH-LANGKAH 
1. Pastikan di PC / Laptop kawan kawan sudah terinstall Lamp Server / xampp.
2. Siapkan file W3Shool yang sudah kita download dari link di atas.
3. Masuk ke terminal (CTRL+ALT+T) lalu masuk sebagai super user (sudo su) lalu masukkan perintah (caja)
caja
4. Jika terjadi eror maka di laptop kawan belum terinstall caja , install terlebih dulu caja dengan perintah sebagai berikut :
apt-get install caja
5. Setelah masuk caja extract file W3Schools dengan cara Klik Kanan > Extract to Lalu extract ke File System/var/www/html

6. Tunggu proses extrax sampai selesai.
7. Jika proses extrax sudah selesai kita dapat membuka W3Shools secara offline masukkan perintah di bawah ini di browser kawan kawan :
http://localhost/w3schools_offline2016/

KESIMPULAN :
Jadi kesimpulanya adalah kita dapat belajar pemrograman secara offline melalui localhost.

REFERENSI :


EmoticonEmoticon