Rabu, 28 Desember 2016

Pengenalan dasar tentang Komputer

Oleh : Mbah Suro
Halo kawan , pada kali ini saya akan menuliskan artikel tentang komputer. Selama ini kita sering memakai komputer dan Laptop untuk membantu pekerjaan sehari hari kita. Tetapi banyak orang yang masih belum mengerti tentang pengertian dan definisi dasar dari komputer itu sendiri.

A. PENGERTIAN
    Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

B. LATAR BELAKANG
    Sejak dahulu hingga sekarang, proses pengolahan data dan informasi sudah dilakukan oleh manusia. Kegiatan ini mendorong manusia menemukan alat-alat mekanik dan elektronik yang sangat  membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data dengan tujuan mendapatkan hasil lebih cepat dan akurat. Komputer yang sekarang  kita jumpai  adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia dari sejak dahulu  berupa alat mekanik maupun elektronik.
     Terciptanya komputer diawali dari perkembangan alat hitung angka. Dalam hal  perkembangan komputer kita tidak bisa lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah  sempoa yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di  bagian Asia kecil dan sampai saat ini masih digunakan di beberapa tempat. Penemuan ini  dapat dianggap sebagai awal mula terciptanya mesin komputer.
Pada tahun 1642 Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (Mechanical Adding Mavhine) yang dipakai  pada kantor ayahnya di Rouen Perancis. Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunaka punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawanya sukses pada tahun 2886 ia mendirikan Tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machine Compay berembang menjadi internasinal Bussiness Machine Corporation. (I.B.M).
     Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada komputer modren dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic (aljabar logic), penemuan ini merupakan sumbangan besar untuk perkembangan menuju abad komputer. Pada tahun 1908 James Power dari Census Bareau berencana untuk membuat mesin untuk memproses dengan menggunakan punch card dan mesin ini digunakan pada tahun 1910.  Pada tahun 1911 ia membentuk Power Accounting Machine Compay  menjadi Remington Rand Company dan sekarang menjadi Univac Division of  Sperry and Corporation.
Pada tahun 1963, Leibniz menciptakan  mesin hitung yang bisa  digunakan untuk menghitung operasi pertambahan dan perkalian. Pada Tahun 1975 Joseph Mario Jacuard, merancang  metode penggunaan lubang-lubang pada card yang berguna  untuk mengotrol  pada mesin penenun tekstil.
     Pada tahun 1930 M Jhon V. Atanasiffy membuat  meisn hitung yang dapat berkerja secara elektronik, tetapi pemutusan serta penyambungan arus listrik masih dilakukan secara mekanis. Pada tahun 1944 Howard Aiken membuat komputer yang dapat melakukan operasi artimatika dan logika secara otomatis, computer ini  disebut  Mark I. Kemudian Mark I  tidak digunakan setelah munculnya komputer elektronik yang otomatis yang disebut Eniac yang  dirancang oleh J. Prosper Ecklert dan Jhon W.Mauchly.
Hingga saat ini perkembangan komputer dapat dikatakan telah mengalami 6 generasi yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Generasi I (tahun 1946-1959)
  • Generasi II (tahun 1959-1965)
  • Generasi III (tahun 1965-1970)
  • Generasi IV (sejak 1970 – 1980)
  • Generasi V (1980 – sekarang dalam tahap perkembangan)

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan diciptakan nya komputer adalah unuk membantu pekerjaan manusia di bidang pengolahan data yang di inputkab user lalu di proses oleh komputer dan di keluarkan (outputkan).

D. KOMPONEN KOMPUTER
  1. Processor
  2. Memory
  3. Motherboard
  4. Casing
  5. Power Suplay
  6. CDRom
  7. Monitor
  8. VGA
  9. Harddisk
D. KESIMPULAN
Dalam kita menggunakan suatu alat , sperti komputer kita harus mengetahui seluk beluk alat itu sendiri. Jangan sampai kita mahir menggunakanya teapi kita tak tahu pengertian dan dasar dasar alat itu sendiri.

RFERENSI : Wikipedia



EmoticonEmoticon